Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Pseudosains dan Berbagai Macam Contohnya

apa itu pseudosains

Pernahkah kalian mejumpai bahasan mengenai bumi yang ternyata berbentuk datar, adanya alien di Segitiga Bermuda, konspirasi keberadaan Atlantis dan banyak teori aneh lainnya di internet. Sekilas bahasan bahasan tersebut terkesan meyakinkan, namun jika kita telusur lebih dalam maka kita akan menemukan bahwa bahasan tersebut adalah bohong belaka.

Dalam kehidupan sehari hari, seringkali kita menemukan teori teori atau klaim klaim yang dibungkus secara ilmiah padahal jika kita kaji lebih lanjut, teori dan klaim tersebut sangat melenceng dari kaidah ilmiah. Fenomena ini sering kali di sebut sebagai Pseudosain.

Apa itu Pseudosains?

Menurut situs WikiPedia, Pseudosain (pseudoscience)/Ilmu Semu adalah sebuah pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktik yang diklaim sebagai ilmiah tetapi tidak mengikuti metode ilmiah. Kata pseudoscience berakar dari Bahasa Yunani yaitu dari kata pseudo yang berarti palsu, dan kata scientia yang berarti ilmu pengetahuan dalam Bahasa Latin.

Pseudosains banyak muncul dikarenakan ketidakberfungsiannya ilmu pengetahuan sebagai dasar pemikiran. Kejadian tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menyebarkan faham dan teori yang tidak benar dengan tujuan dan motif yang beragam.

Contoh Pseudosains Paling Populer

1. Bumi Datar

Mungkin inilah ilmu pseudosains paling populer di dunia. Sebuah klaim yang menyatakan bahwa planet yang kita huni tidaklah berbentuk bulat seperti yang diajarkan di sekolah melainkan berbentuk datar. Bahkan telah muncul berbagai komunitas komunitas dengan faham ini, mereka menamai diri mereka sebagai Flat Earth Society.

Mereka memaparkan berbagai teori teori untuk mendukung klaim mereka. Mulai dari model peta bumi datar, rencana para elit dunia, pernyataan bahwa perjalanan luar angkasa cuma kebohongan semata hingga klaim dari sudut pandang berbagai macam agama. 

Di Indonesia sendiri, penganut faham ini cukup besar, bahkan mereka memiliki satu akun YouTube dengan subscriber ratusan ribu.Namun s telah banyak bukti yang secara langsung menyangkal teori ini. Dan dengan perlahan faham ini kehilangan pengikutnya.

2. Iridologi 

Iridologi adalah pseudosains yang berakar dari ilmu kesehatan. Ilmu ini adalah ilmu yang mempelajari kondisi organ tubuh bahkan kesehatan hanya dengan menganalisis bagian iris mata. Teori ini dikembangkan oleh seorang dokter Hungaria bernama Ignatz von Peczely. Ia menulis hipotesis tentang bagaimana hubungan iris mata dengan kesehatan tubuh.

Walaupun belum ada penelitian menyatakan bahwa ilmu ini bersifat valid, ilmu ini masih banyak dipakai hingga sekarang.

3. Teori Aktivasi Otak tengah

Aktivasi Otak Tengah adalah sebuah klaim yang menyatakan bahwa kita bisa mningkatkan tingkat kecerdasan kita dengan mengaktivkan otak tengah kita. Padahal tanpa perlu diaktivasi, otak tengah kita memang sudah aktif sedari kita lahir.

4. Alien Membangun Peradaban Kuno

Sampai saat ini keberadaan alien masih menjadi perdebatan manusia di seluruh dunia. Namun ada sebuah teori yang menyatakan bahwa peradaban kuno manusia sepertu candi, piramida, atau stonehenge dibangun oleh alien di masa lalu.

Keyakinan ini disinyalir mucul karena banyak orang yang mempercayai cerita dalam film dan serial sains-fiksi semacam stars war, back to the future dan masih banyak lainnya. Sehingga orang orang tersebut menciptakan teori dengan mengkait kaitkan kejadian dalam cerita fiksi tersebt dengan sesuatu yang ada di bumi.

5. Astrologi/Ramalan Zodiak

Astrologi berbeda dengan astronomi, astrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kondisi umat manusia dengan melihat benda benda langit seprti rasi bintang dan dihubungkan dengan tanggal lahir seseorang. Kalian mungkin lebih familiar dengan frasa Ramalan Zodiak.

Menyenangkan memang mengetahui ramalan jenis zodiak kita ternyata berbanding lurus dengan kondisi kita saat ini. Namun perlu diketahui bahwa itu hanya kebetulan semata. Belum ada bukti empiris yang menyatakan bahwa astrologi benar secara ilmiah.

Cara mengidentifikasi pseudosains

  • Cermati tujuannya, sains berfokus ingin membantu umat manusia. Pseudosain seringkali memiliki tujuan khusus.
  • Pseudosains membenci sesuatu yang berseberangan. Sains sebaliknya, sains akan menerima tantangan tersebut dan mencoba untuk memberi penjelasan yang benar.
  • Lihat dan telusuri proses penelitiannya
  • Pseudosain seringkali tidak bisa diukur sehingga enggan untuk diuji

 

 

Referensi Artikel

  • https://tsancherif.com/pseudosains-dan-contohnya/
  • https://www.merdeka.com/teknologi/7-hoax-dan-ilmu-pengetahuan-palsu-yang-dipercaya-umat-manusia.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_semu
  • https://warstek.com/2020/07/20/pseudosains-dan-ancaman-bagi-ilmu-pengetahuan/

Post a Comment for " Apa Itu Pseudosains dan Berbagai Macam Contohnya"