Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Kesepian?

apa itu kesepian?

Setiap orang sering merasa kesepian. Ketika tak memiliki teman bicara kita merasa kesepian, ketika tak ada orang yang menemani kita di akhir pekan kita merasa kesepian, bahkan saat di keramaian kita pun kerap merasa kesepian dan masih banyak lagi momen yang dapat membuat kita merasa kesepian.

Hidup di jaman yang serba terhubung tidak menjamin semua orang  bisa terhindar dari kesepian.Bahkan beberapa tahun belakangan, kesepian menjadi semakin kronis. Menurut penelitian hampir setengah populasi manusia mengaku sering mengalami kesepian. Lalu apa sebenarnya kesepian itu.

Apa Itu Kesepian?

Kesepian dan sepi adalah sebuah hal yang berbeda. Kadang kita merasa senang ketika sendiri dan terkadang kita merasa sangat kesepian bahkan di tempat yang begitu ramai. Kesepian adalah perasaan yang sangat subjektif dan bergantung kepada perasaan individu masing masing. Ketika dirimu merasa kesepian berarti kamu memang kesepian.
Sebagian besar orang menilai kesepian disebabkan oleh kurangnya kemampuan bersosialisasi. Namun nyatanya pandai bersosialisasipun tidak menjamin seseorang untuk selalu terhindar dari kesepian. Harta, kedudukan, ketenaran, dan apapun itu, tidak ada yang mampu melindungimu dari kesepian. Semua orang merasa kesepian tanpa terkecuali.

Jika diibaratkan kesepian seperti rasa lapar.Rasa lapar membuatmu menginginkan makanan, sedangkan kesepian akan membuatmumenaruh perhatian pada kebutuhan sosialmu. Rasa kesepian didorong oleh kepekaan otak untuk untuk mengenali apa yang orang lain pikirkan dan keinginan untuk terus mempertahankan ikatan sosial.

Sebagian besar orang jatuh kedalam kesepian kronis secara tidak senagaja. Seiring bertumbuh dewasa waktu yang kita miliki semakin sedikit. Pendidikan, pekerjaan, ataupun Netflix menyita banyak waktu kita sehungga tidak sempat melakukan sosialisasi dan kontak sosial. Hingga pada akhirnya, kamu akan merasa terisolasi.

Bahaya Kesepian

Menurut penelitian, stress yang disebabkan oleh kesepian adalah sesuatu yang paling tidak sehat yang dirasakan oleh kita, manusia. Hal tersebut dapat memicu penuaan lebih cepat, dan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhmu. Hal itu juga disinyalir lebih berbahaya dari dari obesitas dan sebungkus rokok.

Ketika kesepian menjadi kronis, otakmu akan lebih sensitif terhadap sekitarmu. Hal tersebut akan membuatmu selalu merasa curiga dan lebih sensitif karena otakmu akan mempresentasikan kondisi yang ada disekitarmu sebagai bahaya. Kamu mengamati lebih tetapi hanya mengerti sedikit.

Obat Kesepian

Secara umum, kesepian dibagi kedalam dua jenis, state loneliness (kesepian sesaat) dan trait loneliness (kesepian internal). State lineliness adalah kesepian yang disebabkan oleh faktor eksternal yaitu suasana sepi. Kesepian sesaat dapat dengan mudah diobati, menelpon teman atsu orang terkasih misalnya.

Selanjutnya adalah trait loneliness yang bersifat kronis. Kesepian jenis ini disebabkan oleh oleh kondisi internal masing masing orang. Kesepian internal terjadi setelah seseorang mengalami perasaan yang sama dalam kurun waktu yang lama. 

Menurut sebagian orang, obat rasa sepi adalah bersosialisasi. Namun, tidak semua jenis sosialisasi bisa menolong, bahkan terkadang malah membuat semuanya memburuk. Kadang setelah nongkrong dengan teman kita pulang ke rumah dan merasa lebih kesepian dari biasanya. Karena orang yang merasa kesepian tidak hanya membutuhkan suasana ramai, tetapi harus merasa "dianggap" dan dihargai apa adanya.


Referensi


2 comments for "Apa Itu Kesepian? "